Seni Reog Dangiang Karya Mekar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email
Seni Reog Dangiang Karya Mekar

Singajaya,(1/11/2018) Indonesia memiliki wilayah dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai dataran, pegunungan,lembah,lautan,dan lainnya. Bukan sesuatu yang asing bila di Indonesia terdapat banyak sekali adat istiadat dan kebiasaan yang berbeda-beda setiap daerahnya. Keberagaman adat istiadat mulai dari agama,ras,suku,pakaian,tarian adat, upacara adat,rumah adat, dan sebagainya. Dengan demikian, Indonesia memiliki beribu kekayaan dengan berbagai macam segi, baik dari segi kekayaan alam ,seni dan budaya.

Salah satu kekayaan seni itu terdapat di Kampung Babakan Jeruk Desa Singajaya Kecamatan Cibalong Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Yakni terdapat salah satu Seni Reog warisan dari leluhur  yang dinamakan Seni Reog Dangiang Karya Mekar.

Kata ‘Reog’ selalu mengacu kepada kota Ponorogo yang ada di Jawa Timur, namun apa kalian tahu Tasikmalaya juga punya kesenian Reog? Simak yuk ulasannya reog ini  disebut dengan Reog Sunda, berbeda dengan Reog Ponorogo dimana penarinya memakai topeng besar yang berbobot hingga ratusan kilo, Reog Sunda merupakan perpaduan antara tari, lagu, lawak dan cerita yang berisi kritik sosial dan pesan keagamaan tanpa ada unsur magis. Pada awalnya seni Reog Sunda digunakan sebagai media dakwah atau penerangan yang menonjolkan unsur sosial dan pendidikan budi pekerti, lalu perlahan seni ini bertambah fungsinya sebagai media hiburan.

Seni Reog Dangiang Karya Mekar berdiri pada tahun 1945 pada saat hari kemerdekaan RI ,dengan tujuan memeriahkan dan saking gembiranya bahwa negara sudah merdeka. Seni ini digerakkan di bawah pimpinan Abah Ilip, Alm. Aki Sanuhri (yang mempunyai ide ) Alm. Aki Ahman , Abah Ibsar. Pimpinan Abah Ilip ini sampai pada tahun 1980.

Nama group Seni Reog Dangiang Karya Mekar ini memiliki  arti tersendiri yakni Sebuah seni reog yang dibuat / digerakkan sendiri oleh sekelompok masyarakat sealakadarnya, alat yang di gunakan ya pun dibuat sendiri dengan bahan seadanya yang ada di sekitar desa, kecuali baju yang digunakan untuk sisingaan.

Pada awalnya Seni Reog Dangiang Karya Mekar ini hanya sebuah seni musik saja dalam artian hanya lantunan dodog (alat musik yang dipikul) saja,tanpa  sisingaan, namun, terinspirasi dari sisingaan yang ditampilkan di acara tv akhirnya di buatkan sisingaan. Dimana sisingaan di tunggangi anak kecil yang mau atau sudah di sunat, dan diarak mengelilingi kampung dan ke kampung terdekat,sambil diiringi dogdog. Juga sebagian masyarakat yang ikut serta ikut arak-arakan.

Kemudian seni Reog Dangiang Karya Mekar ini diwariskan ke generasi ke 2 pada tahun 1980 sampai sekarang dengan kepengurusan :

Ketua : Abah Solihin dan Abah Ejen

Sekertaris : Mang Wawan

Bendahara : Totoh

Anggota : -Umu, Uhen, Salehudin dan Dudi ( pemikul sisingaan )

– Totoh,Dadang,Karso,Nandang (pemukul dog dog)

-Eman,Udin (pemakai topeng monyet)

– Enceng,Parjo ( peniup terompet)

– Ojon,Ihin ( pemukul Goong)

– Apan ( pembawa sound sistem)

 

Seni Reog Dangiang Karya Mekar ini sampai sekarang masih di pentaskan di seluruh kampung Desa Singajaya , bahkan sampai ke luar desa sperti Desa Sukaraja, Desa Citalahab Desa Eureunpalay Desa Parung dan ke kota Tasikmalaya . Seni Reog ini di pentas pada acara khitanan ,HUT RI , ulang tahun kodim di Dadaha Tasikmalaya, pengesahan padepokan silat di Parungponteng.

Adapun harapan dari kepengurusan Seni Reog Dangiang Karya Mekar ini adanya dorongan motivasi dari pemerintah ke generasi muda untuk kembali membudidayakan kesenian ini sehingga kesenian ini tidak padam.

Liputan By Denti Nurdavanti

Foto, Dokumentasi Pribadi Bapak Ucu-Parungjaya

 

Sumber : http://singajaya.sideka.id/2018/11/01/seni-reog-dangiang-karya-mekar/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent News
Pjs. Bupati Tasikmalaya Laksanakan Kunker Ke Cibalong
Pjs. Bupati Tasikmalaya Ziarah Ke Makam Leluhur Sukapura
Pjs. Bupati Tasikmalaya Laksanakan Kunker Ke Sukaraja
Pjs. Bupati Tasikmalaya Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Rakor Persiapan Fasilitasi Kampanye Pilbup & Pilwabup 2024
Sekda Zen Pimpin Rakor Desk Pilkada Kab. Tasikmalaya 2024
Pjs. Bupati Tasikmalaya Silaturahmi Ke Pondok Pesantren Suryalaya
Apel Siaga Pengawasan Netralitas Asn Dan Pengawasan Tahapan Kampanye Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024
Bupati Ade Raih Penghargaan Pada Cnn Indonesia Award
Atlet Asal Kabupaten Tasikmalaya Raih Medali Emas Pada Paralympic Games Paris 2024