BUPATI PIMPIN APEL OPERASI LILIN LODAYA 2017

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul ulum bertindak selaku Inspektur Upacara dalam acara Gelar Pasukan Pengamanan Operasi Lilin Lodaya Menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 bertempat di Halaman Mapolres Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (21/12/17). Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Singaparna, Kapolres Tasikmalaya, Dandim 0612 Tasikmalaya,  dan sejumlah Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Pada kesempatan tersebut,  Bupati membacakan sambutan Kapolri Jenderal Tito Karnavian yang antara lain mengatakan, Apel Operasi Lilin Lodaya dilaksanakan sebagai pengecekan akhir personil dan sarana kelengkapannya dalam pengamanan Natal Tahun 2017 dan malam pergantian Tahun Baru 2018. “Kegiatan Operasi Lilin Lodaya merupakan wujud keterpaduan unsur lintas sektoral yang bekerja secara simultan untuk kepentingan keamanan yang kondusip, “ujar kapolri.

Kapolri mengharapkan, kerjasama lintas sektoral tersebut dapat menghasilkan momentum natal dan tahun baru yang  aman, nyaman, dan lancar. Menurutnya, beberapa ancaman yang harus diantisipasi adalah potensi terorisme, kemacetan lalu lintas, bencana alam, dan antisipasi kenaikan harga pangan yang menimbukkan konflik di masyarakat.

Kapolri menjelaskan, Operasi Lilin Lodaya 2017 didukung oleh, Kementrian Perhubungan, Pertamina, dan Jasa Marga untuk menjamin lancarnya arus mudik dan balik Natal 2017, sedangkan untuk mengendalikan harga bahan pokok, Polri telah melakukan koordinasi dengan Kementrian Kehutanan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Bulog. Operasi Lilin Lodaya akan dilaksanakan mulai 23 Desember 2017  sampai dengan 1 Januari 2018, didukung juga oleh Badan Intelejen Negara, TNI, dan instansi terkait, dan komponen masyarakat lainnya yang bertugas  di berbagai titik seperti tempat wisata, stasiun kereta, terminal bis dan bandara udara di seluruh Indonesia.

Kapolri berpesan, agar dalam pelaksanaanya harus berpedoman pada beberapa hal yaitu,  memetakan potensi kerawanan dengan penyusunan rencana operasi yang baik, lakukan pendekatan dengan masyarakat, dan  lakukan terobosan kreatif yang dapat mengatasi masalah kemacetan,serta kecelakaan lalu lintas.

Menurut Kapolres Tasikmalaya Anton Sujarwo,  Operasi Lilin Lodaya di Kabupaten Tasikmalaya didukung oleh 400 personel Polisi  yang ditempatkan di beberapa titik yang mempunyai potensi ancaman keamanan. Anton menerangkan, ada beberapa kendala yang menjadi tantangan di lapangan antara lain, belum baiknya fasilitas jalan dan jembatan yang rusak akibat bencana alam. “Antisipasi yang paling utama di Wilayah  Kabupaten Tasikmalaya adalah potensi bencana alam. Tetapi kami sangat terbantu dengan bantuan masyarakat yang selalu aktif membantu kami ketika terjadi ancaman keamanan, atau potensi kejadian bencana alam, ‘imbuh Anton.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent News
Pjs. Bupati Tasikmalaya Laksanakan Kunker Ke Cibalong
Pjs. Bupati Tasikmalaya Ziarah Ke Makam Leluhur Sukapura
Pjs. Bupati Tasikmalaya Laksanakan Kunker Ke Sukaraja
Pjs. Bupati Tasikmalaya Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Rakor Persiapan Fasilitasi Kampanye Pilbup & Pilwabup 2024
Sekda Zen Pimpin Rakor Desk Pilkada Kab. Tasikmalaya 2024
Pjs. Bupati Tasikmalaya Silaturahmi Ke Pondok Pesantren Suryalaya
Apel Siaga Pengawasan Netralitas Asn Dan Pengawasan Tahapan Kampanye Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024
Bupati Ade Raih Penghargaan Pada Cnn Indonesia Award
Atlet Asal Kabupaten Tasikmalaya Raih Medali Emas Pada Paralympic Games Paris 2024