Pemeliharaan Situs Sejarah dan Budaya Gunung Payung

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

“Batu Pamangkonan salah satu situ sejarah dan budaya di Dusun Awiluar. (Selasa, 23 Oktober 2018)”  Sejarah adalah kejadian yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa. Peninggalan peninggalan itu disebut sumber sejarah. Gunung Payung terletak di Dusun Awiluar Rt. 015 Rw. 006 Desa Sirnajaya Kecamatan Karangjaya.

Berada diketinggian 1.047 MDPL yang membuat udara lebih sejuk dan mencapai suhu 26’C. Sebelum naik ke Gunung Payung dalam perjalanan kita akan menemukan beberapa situs bersejarah. yang pertama yaitu sebuah makam keramat yang dikenal dengan sebutan “Makan Kiai Jaga Bezo (Jaya Supena). lalu ada juga situs peninggalan lainnya yaitu berupa Batu Tugu yaitu “Batu Pamangkonan”. Sebelum mencapai pundak Gunung Payung ada sebuah batu besar yang bisa dijadika tempat beristirahat bagi para pendaki. Batu tersebut bernama “Batu Langkoban”, konon masyarakt jaman dulu menggunakan tempat tersebut untuk bersemedi.

Dengan adanya Situs Sejarah dan Budaya ini Kepala Dusun Awiluar yaitu Heri mangatakan “sebagai masyarakat yang cinta akan sejarah dan budaya tentunya kita harus menjaga dan melestarikan situs tersebut, kami selaku warga Dusun Awiluar juga akan memperbaiki jalan dan tempat Situs tersebut agar bisa dijadikan Objek Wisata. Banyak masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam gotong royong memperbaiki situs ini. Saya berharap Situs sejarah dan budaya di Desa Sirnajaya dapat dikembangkan lagi untuk dijadikan objek wisata, dan untuk melancarkan kegiatan ini juga harus adanya dukungan dari pemerintahan Desa dan Kecamatan”.

 

Sumber : http://sirnajaya.sideka.id/2018/10/23/pemeliharaan-situs-sejarah-dan-budaya-di-gunung-payung/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent News
Pjs. Bupati Tasikmalaya Laksanakan Kunker Ke Cibalong
Pjs. Bupati Tasikmalaya Ziarah Ke Makam Leluhur Sukapura
Pjs. Bupati Tasikmalaya Laksanakan Kunker Ke Sukaraja
Pjs. Bupati Tasikmalaya Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Rakor Persiapan Fasilitasi Kampanye Pilbup & Pilwabup 2024
Sekda Zen Pimpin Rakor Desk Pilkada Kab. Tasikmalaya 2024
Pjs. Bupati Tasikmalaya Silaturahmi Ke Pondok Pesantren Suryalaya
Apel Siaga Pengawasan Netralitas Asn Dan Pengawasan Tahapan Kampanye Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024
Bupati Ade Raih Penghargaan Pada Cnn Indonesia Award
Atlet Asal Kabupaten Tasikmalaya Raih Medali Emas Pada Paralympic Games Paris 2024