KEBAKARAN PASAR MANONJAYA KABUPATEN TASIKMALAYA

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Telegram
Email

Kebakaran Pasar Manonjaya di Desa Manonjaya, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya. terjadi pada hari Selasa, (14/3/2017) malam sekitar pukul 20.30 WIB. Akibat kebakaran itu kerugian ditaksir hingga mencapai miliaran rupiah. Hampir seluruh pemilik kios tak berhasil menyelamatkan barang dagangannya akibat api cepat menyebar dan meratakan bangunan semi permanen tersebut.

Salah seorang petugas UPT Pasar Manonjaya, Yadi mengatakan terdapat 432 pedagang yang berjualan di 387 lapak kios di sana. Adapun jumlah PKL-nya mencapai 185 orang. Kepala Kepolisian Resor Kota Tasikmalaya Arif Fajarudin belum dapat menyimpulkan penyebab kebakaran yang melanda Pasar Manonjaya, tersebut, dan dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat korsleting listrik dari salah satu kios pasar. “Belum bisa menyimpulkan penyebabnya apa, tetapi kita sudah koordinasi dengan damkar Kota Ciamis, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota, serta mobil water canon kami untuk memadamkan api. Kita akan selidiki lebih lanjut apakah ini kebakaran karena kesengajaan atau korsleting listrik,” ujarnya di lokasi kebakaran.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Drs.Heri Sogiri,MM mengungkapkan, dugaan sementara, kebakaran terjadi akibat korsleting listrik. Heri memastikan tidak ada upaya sabotase meskipun isunya tahun ini Pasar Manonjaya akan direlokasi.

Saat kejadian berlangsung, Heri memastikan ada petugas pengamanan pasar, dan pasar dalam kondisi terkunci. “Tidak ada itu sabotase. Ini murni musibah. Kebakaran hebat terjadi karena angin besar, kemudian merembet, kalau gosip relokasi itu tidak benar. Kita saja lokasi relokasi belum punya, tidak tahun ini,” kata Heri. Atas kejadian tersebut, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya menggelar musyawarah dengan pengurus paguyuban pasar dan pemilik kios, bertempat di Aula Kecamatan Manonjaya pada hari Rabu tanggal 15 Maret 2017.

Hadir pula pada musyawarah tersebut Kepala BPBD Kab Tasikmalaya, Camat Manonjaya dan Muspika Kecamatan Manonjaya serta pihak dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang..Dari hasil pertemuan tersebut, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan membuatkan kios darurat untuk pemilik kios bertempat di Alun-alun Kecamatan Manonjaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent News
Pjs. Bupati Tasikmalaya Laksanakan Kunker Ke Cibalong
Pjs. Bupati Tasikmalaya Ziarah Ke Makam Leluhur Sukapura
Pjs. Bupati Tasikmalaya Laksanakan Kunker Ke Sukaraja
Pjs. Bupati Tasikmalaya Pimpin Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Rakor Persiapan Fasilitasi Kampanye Pilbup & Pilwabup 2024
Sekda Zen Pimpin Rakor Desk Pilkada Kab. Tasikmalaya 2024
Pjs. Bupati Tasikmalaya Silaturahmi Ke Pondok Pesantren Suryalaya
Apel Siaga Pengawasan Netralitas Asn Dan Pengawasan Tahapan Kampanye Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024
Bupati Ade Raih Penghargaan Pada Cnn Indonesia Award
Atlet Asal Kabupaten Tasikmalaya Raih Medali Emas Pada Paralympic Games Paris 2024